Tips Tetap Sehat Saat Hujan Tiba

Musim hujan sedang melanda Indonesia. Intensitas hujan pun sering berubah-ubah tanpa tanda, mulai dari hujan ringan hingga lebat. Perubahan cuaca ini menuntut masyarakat agar lebih menjaga kesehatan supaya kondisi tubuh tak menurun.

Berubahnya kelembaban udara di lingkungan terbuka akan mempermudah virus, kuman dan bakteri yang terbawa angin masuk ke tubuh melalui udara yang kita hirup maupun berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi tiap harinya. Bahaya lainnya juga yaitu nyamuk demam berdarah serta berbagai keluhan kesehatan saat lingkungan sekitar terkena banjir. Mulai peduli dan tahu tentang menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan mutlak diperlukan bagi kita semua. Sebelum terserang penyakit di musim hujan, sebaiknya lindungi diri Anda. Berikut Beberapa langkah sederhana untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit di musim hujan:

1. Selalu Bawa Payung/Jas Hujan
Kehujanan dapat mengubah suhu tubuh Anda secara drastis yang menjadi kemungkinan terserang flu atau demam. Untuk menghindarinya, pertama lindungi diri Anda dari hujan dengan menggunakan payung. Ini adalah cara utama untuk menjaga tubuh dari luar.

2. Makanan Sehat
Memakan makanan sehat adalah hal paling sederhana untuk mencegah penyakit. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Imun tubuh yang kuat dapat melindungi Anda dari flu.

3. Cuci Tangan
Tangan merupakan tempat kuman dan virus berpindah. Dengan rajin mencuci tangan, terutama setelah diterpa hujan, akan membunuh virus yang menjadi penyebab utama demam dan flu. Gunakan air dan basuh kedua tangan dengan sabun hingga sela-sela jari, kuku, dan punggung tangan.

4. Jangan Pakai Sendal Jepit
Musim hujan bisa menyebabkan selokan jadi tersumbat dan banyak air tergenang. Dua tempat itu merupakan sumber penyakit seperti diare, flu, kolera, dan jamur di kulit. Tapi, musim hujan ini banyak sekali pengguna jalan yang lebih suka menggunakan sendal jepit karena dianggap lebih praktis dan lebih cepat kering.

Padahal, dengan kaki terbuka itu, kuman lebih mudah masuk. Sebaiknya gunakan sepatu tertutup seperti bot untuk musim hujan untuk melindungi kaki dari air kotor. Jangan lupa cuci kaki setelah tiba di rumah atau kantor.

5. Bersihkan Rumah
Populasi nyamuk semakin bertambah selama musim hujan. Agar nyamuk tak menyerang Anda, sebaiknya bersihkan rumah secara rutin. Perhatian parit, bak air, sudut, dan celah di rumah Anda yang mungkin menjadi sarang nyamuk.

6. Tambah Konsumsi Buah-Buahan
 Buah-buahan mengandung aneka jenis vitamin khususnya vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh yang kita miliki. Jadi penting kiranya mulai membeli buah-buahan untuk di konsumsi selama musim hujan.


7. Jangan Lupa Olahraga Rutin
Mulailah untuk lebih menyemangati diri untuk berolahraga pagi, meskipun cuaca dan rute untuk berjalan kaki sangat tidak mendukung dan bersahabat dengan anda. Karena berolahraga akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar saat menjalani aktivitas maupun pekerjaan dimusim penghujan.

8. Minuman Hangat Dan Sehat
Minuman hangat sekaligus menyehatkan sangat pas untuk diminum saat musim penghujan sekarang ini. Mulailah meracik minuman sehat yang anda gemari seperti secangkir teh hangat, segelas jahe hangat serta dapat pula segelas susu hangat.

9. Rutin Cuci Tangan
Udara yang lembab dan berbagai tempat yang lembab mengandung virus, kuman dan bakteri dan bisa menempel di tangan anda. Untuk itulah, sangat dianjurkan untuk lebih sering mencuci tangan baik saat mau makan maupun sehabis bekerja dan beraktivitas apapun di musim penghujan. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
11 Januari 2015 pukul 18.36 delete

nice Bro
www.maribelajarbk.web.id

Reply
avatar

Suka Artikel ini? Apa komentar anda?