Keajaiban Dunia yang Hanya Ada di Indonesia

Kalau warga dunia mengenal "Seven Wonders of the World" atau 7 keajaiban dunia, ternyata di Indonesia ada 10 tempat "ajaib" yang cuma ada di Indonesia saja. Kita sebagai penduduk Indonesia harus bangga karena kekayaan sumber daya alam yang kita punya. Jika sebagian besar dunia hanya mengenal Indonesia dari Bali nya saja, atau mungkin Borobudurnya saja, maka kita sebagai penduduk asli harus mengetahui dimana saja tempat-tempat menarik yang bisa menjadi tujuan wisata lainnya. Semoga setelahnya, seluruh wilayah Indonesia dapat dikenal di seluruh penjuru dunia. 

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di antara dua selat di NTT & NTB.  Pulau tersebut dikenal sebagai habitat asli binatang komodo (Varanus Komodoensis) . Kalian tidak akan menemukan sebuah wilayah lain di bagian bumi manapun yang terdapat Komodonya, semua komodo yang kalian lihat didatangkan langsung dari Pulau Komodo. Wow! Selain itu, Pulau Komodo juga terkenal dengan wisata bawah laut yang sangat mengagumkan. Para penyelam menyebut Pulau Komodo sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

2. Danau Tiga Warna Kelimutu

Semua orang akan berdecak kagum ketika mengunjungi danau di Flores, NTT ini. Danau Kelimutu memiliki keunikan yaitu ketiga warna airnya yang berbeda, merah, biru dan hijau. Danau Kelimutu adalah satu-satunya danau di dunia yang airnya dapat berubah warna. Dari merah, ke hijau, ke merah ati. Penduduk asli Flores meyakini ada kekuatan magis di setiap danau. Yang jelas, hanya di Indonesia kalian bisa menemukan danau dengan tiga warna berbeda seperti Kelimutu ini.

3. Bromo

Taman Nasional Bromo adalah kawasan gunung berapi terbesar yang terdapat di Jawa Timur. Puncak tertinggi dimiliki oleh Gunung Semeru dengan ketinggian 3,676 meter dari permukaan laut. Bayangkan indahnya pemandangan yang akan kalian dapatkan ketika kalian menyaksikan matahari terbit dari atas puncaknya. Taman Nasional Bromo memiliki keunikan yang tidak dimiliki kawasan gunung berapi lainnya di dunia yaitu fenomena kawah di dalam kawah. 

4. Krakatau

Letusan besar dari Gunung Krakatau di tahun 1883 dirasakan si seluruh dunia. Ledakan tersebut juga menyebabkan perubahan ikim dan pembentukan gugusan pulau baru yaitu Rakata, Panjang, Sertu dan Anak Krakatau. Krakatau terletak di Selat Sunda, sebuah selat di antara Pulau Jawa & Sumatera. Kratakau dinyatakan sebagai Cagar Alam sejak tahun 1919 yang kemudian bergabung menjadi bagaian dari Taman Nasional Ujung Kulon. Daerah sekitar Krakatau memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, dengan 50 spesimen terumbu karang yang masih belum terjamah menambah keindahan Krakatau. 

5. Danau Toba

Hamparan air biru yang jernih menyita perhatian siapa saja yang mengunjungi Danau Toba. Danau Toba ini dulunya adalah sebuah gunung berapi. Letusan dasyat yang terjadi menyebabkan kawah terbentuk dan berpengaruh terhadap perubahan iklim di dunia. Danau Toba lebih mirip dengan laut melihat luasnya yaitu 1,145 kilometer persegi. Hal ini menjadikan Toba sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan kedua terbesar di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Suka Artikel ini? Apa komentar anda?