Bob Taylor : Penemu Internet

Bob Taylor dan Arpanet-nya
Selama ini kita sering menggunakan "Internet" untuk browsing. Tetapi banyak dari kita yang tidak tahu penemu-nya. Kita hanya mengetahui sejarahnya saja.

 Robert William Taylor--lahir 1932-- yang dikenal sebagai Bob Taylor adalah salah satu penemu internet. Beliau memimpin sebuah tim yang membuat kontribusi besar untuk komputer pribadi, teknologi jaringan komputer, dan teknologi yang terkait lainya. Dia adalah direktur ARPA's Information Processing Techniques dari tahun 1965 melalui 1969 dan pendiri dari Xerox PARC's Computer Science Laboratory. Pada tahun 1957, Dephan AS membentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency) sebagai tanggapan terhadap peluncuran nuklir Uni Sovyet. ARPA bertugas menigkatkan kemampuan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh militer, kemudian pada tahun 60-an, Leci C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas.

Pada tahun 1966, Bob menerima dana bantuan dari beberapa universitas yang ada di AS untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang memberi dana dalam percobaan ini. Tiga tahun kemudian, percobaan ini berhasil. Komputer-komputer di universitas pemberi dana pun dapat saling terhubung. Jaringan ini dinamakan ARPANET. Jaringan ARPANET inilah yang dikatakan sebagai cikal bakal lahirnya Internet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Suka Artikel ini? Apa komentar anda?