Manfaat dan kelebihan Google Drive

Di internet, sekarang sudah tersedia banyak sekali penyimpanan - penyimpanan file secara online, yang baik yang berbayar maupun tidak. Contoh penyimpanan file yang membayar usernya ketika di download adalah TusFiles.net yang sudah saya berikan informasi nya beberapa bulan yang lalu...

Namun amankah situs - situs penyimpanan tersebut ? Mungkin sangat aman untuk sementara ini, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya. Misalkan, ketika nantinya sudah banyak file yang sobat simpan di situs penyimpanan tersebut, tapi akhirnya akun sobat di suspend tanpa alasan yang jelas dan akhirnya semua file - file yang sobat simpan akan lenyap.

Apa yang sobat rasakan ? Tentu saja sangat kecewa. Misalkan sobat memiliki sebuah blog atau situs download dan sobat menyimpan file downloadnya di situs yang disuspensi tersebut. Apa yang terjadi ? Link download di blog sobat akan menjadi rusak dan ini dianggap sebagai broken link oleh mesin pencari dan bisa saja blog atau situs sobat menjadi jelek di mata mesin pencari tersebut.


Bagi pemula terkadang mengalami kebingungan bagaimana cara menggunakan Google Drive itu sendiri,mari kita belajar bersama. Untuk memulai Google Drive, pergi ke drive.google.com kemudian aktifkan layanan. Setelah Anda memiliki akses ke Drive, Anda siap untuk mulai menggunakan layanan ini. Anda akan melihat bahwa Google Drive Anda sekilas terlihat dan bekerja sangat mirip Google Docs. Anda dapat membuat file, membuat koleksi folder, menggunakan bar bagian atas untuk mencari, dan meng-upload file dengan menyeret dan menjatuhkan ke dalam jendela browser.
 

Namun, tidak seperti Docs, kini Anda dapat mengelola seluruh drive dari desktop Anda dengan menginstal aplikasi Google Drive. Caranya mudah, setelah Anda masuk drive.google.com, lihatlah sidebar bagian kiri dan pilih Download Google Drive. Setelah Anda mendownloadnya, perangkat Anda akan memiliki folder Google Drive, sehingga setiap perubahan yang Anda buat akan tercermin dalam antarmuka Web, dan sebaliknya.
 

Selama Anda terkoneksi dengan Internet, ketika Anda menambahkan file ke folder Google Drive , file Anda akan langsung otomastis ter-upload ke drive Web Anda. Mudah bukan?
Selain itu ada beberapa fitur Google Drive yang harus Anda ketahui, fitur-fitur itu antara lain:



  • Dokumen bebas
    Untuk sobat yang mempunyai blog download sangat cocok jika menggunakan Google Drive ini. Penyimpanan gratisnya sangatlah besar mungkin tidak akan habis jika kita gunakan. Namun apabila sobat masih kurang dengan 15 GB itu, sobat bisa menambahnya lagi dengan membayar ke Google, dengan rincian harga sebagai berikut.

        100 GB 1,99 / Bulan
        1 TB 9,99 / Bulan
        10 TB 99,99 / Bulan
        20 TB 199,99 / Bulan
        30 TB 299.99 / Bulan

    Wow.. bagaimana dengan harga - harga tersebut sobat ? Mungkin bagi sobat yang memiliki kantong tebal bisa membeli penyimpanan tambahan tersebut, bagi yang masih kere seperti saya ini 15 GB saja rasanya sudah sangat banyak.
  • Mendukung berbagai jenis file
    Google Drive mendukung penyimpanan dan tampilan 30 jenis file populer. Jadi, Anda dapat meng-upload sebuah film ke Drive dan memainkannya kembali dalam browser Anda, di mana pun Anda berada.
  • Berbagi file, folder, atau seluruh drive
    Fitur ini adalah fitur berbagi sederhana yang dimiliki Google. Hanya dengan klik kanan pada sebuah file, pilih “share…” dan tentukan opsi dari share itu. Untuk memberikan akses ke seseorang untuk seluruh drive Anda, klik tombol dengan orang dan tanda plus di bagian atas.
  • Memanfaatkan Google Goggle
    Dengan teknologi Goggle yang dibangun dalam Drive, Anda dapat mencari foto menggunakan bar pencarian. Demikian juga, Anda dapat mencari teks dalam dokumen yang dipindai. Setelah beberapa pengujian, fitur ini tidak benar-benar dapat diandalkan, tapi layak dicoba jika Anda memerlukan bantuan menemukan file atau foto.
  • Berkolaborasi pada video, foto, dan banyak lagi
    Fitur kolaborasi dari Google Docs sekarang tersedia untuk semua jenis file. Misalnya, jika Anda meng-upload video ke Drive dan berbagi dengan orang lain, Anda akan dapat membahas video dengan alat komentar.
  • Dapat Menyimpan Lampiran Gmail.
    Jika sobat mendapat email yang berupa lampiran penting, seperti dokumen, foto ataupun yang lainnya, sobat bisa langsung menyimpannya di Google Drive dengan cara mengklik logo Google Drive di lampiran yang ada di Gmail sobat agar file sobat menjadi lebih aman.
  • Bekerja Offline.
    Google Drive juga tersedia dalam versi offline, sehingga sobat dapat melihat file yang sobat simpan di Google Drive secara offline termasuk video ikeh - ikeh yang sobat simpan.
  • Instal aplikasi pihak ketiga
    Pengembang pihak ketiga telah membuat aplikasi yang bekerja secara lancar dengan Google Drive. Pixlr salah satunya yang memungkinkan Anda mengedit foto yang diunggah, HelloFax memungkinkan Anda mengirim faks bebas, dan DocuSign memungkinkan Anda menandatangani dokumen resmi, semua bisa diinstal dalam Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lebih banyak lagi, pergi ke Google Drive>Setting> Manage apps> Get more Apps.

 Memasang aplikasi Google Drive di Chrome


Aplikasi Google Drive tersedia diToko Web Chrome dan sobat dapat memasangnya untuk digunakan dalam Google Drive di web. Aplikasi kompatibel dengan semua browser yang didukung.

  1. Buka>Toko Web Chrome.
  2. Telusuri “Aplikasi Drive”.
  3. Klik tombol + Tambahkan ke Drive yang berwarna biru.
  4. Berikan otorisasi pada aplikasi untuk mengakses file di Google Drive Anda. (Pelajari lebih lanjut tentang keamanan aplikasi Google Drive.)
  5. Klik Pasang.
Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Suka Artikel ini? Apa komentar anda?