Tips Belajar Bahasa Inggris Efektif dan Efisien

Cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien menjadi incaran banyak orang yang ingin cepat menguasai bahasa asing internasional ini. Pasalnya hampir keseluruhaan penduduk di dunia juga sudah ataupun sedang menempuh berbagai pendidikan bahasa asing ini. Mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga pendidikan tinggi atau unversitas. Dengan kemampuan menguasai bahasa Inggris akan lebih memudahkan Anda untuk melakukan komunikasi menggunakan orang-orang dari manca negara yang tidak mengerti bahasa Anda. Belajar bahasa Inggris bukanlah sekedar pengetahuan teori namun juga praktek yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

Terlebih lagi saat ini hampir seluruh penduduk dunia yang sudah/sedang menempuh pendidikan dari sekolah dasar sampai pendidikan tinggi/universitas pasti sudah belajar bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa yang di tetapkan sebagai bahasa internasional. Dengan menguasai bahasa inggris akan memudahkan komunikasi dengan orang-oran negara lain yang tidak mengerti bahasa negara kita. Bahkan di beberapa negara bahasa Inggris sudah menjadikan bahasa pengantar sebagai bahasa pengantar, selain bahasa resemi negara mereka.. Lalu bagaimana untuk belajar bahasa Inggris secara efektif serta efisien?

Tentukan tujuan dan motivasi

Salah satu cara yang mungkin terlihat mudah namun sulit yaitu mengetahui alasan atau tujuan Anda untuk  memperlajari bahasa Inggris. Beberapa pertanyaan yang dapat Anda gunakan yaitu:


  • Apa yang membuat Anda ingin mempelajari bahasa Inggris?
  • Mengapa bahasa Inggris begitu penting bagi Anda saat ini?
  • Apa yang Anda inginkan dengan mempelajari bahasa Inggris?

Hal ini mungkin saja akan Anda dapatkan jawaban semacam keinginan belajar bahasa Inggris dikarenakan ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, menambah pengetahuan serta skill, memperluas pergaulan atau kemungkinan untuk mengembangkan karir dan bisnis. Dengan begitu Anda akan mengetahui serta mendapatkan motivasi kuat untuk menjalankan cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien.

Tentukan target

Dalam mempelajari segala sesuatu tentunya Anda harus memiliki target pencapaian untuk mengukur perkembangan. Misalnya seperti berapa banyak kosakata baru yang harus Anda pelajari dalam setiap harinya, berapa banyak artikel berbahasa Inggris yang Anda baca dan pahami dalam setiap hari dan masih banyak lagi. Catat perkembangan Anda tersebut dan coba tingkatkan jika merasa sudah benar-benar paham.

Mulai belajar dengan jadwal

Jika Anda memutuskan untuk belajar bahasa Inggris di tempat kursus tentunya akan lebih mudah dan terjadwal. Akan tetapi jika ternyata Anda belajar secara otodidak melalui internet, tentunya jadwal yang teratur guna memahami materi yang ada sangatlah penting untuk diterapkan. Cobalah dengan menyiapkan atau menjadwalkan beberapa jam dalam sehari untuk belajar bahasa Inggris, lakukan secara terjadwal setiap hari.

Ulangi dan pelajari materi lanjutan

Cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien juga dapat Anda lakukan dengan mengulangi materi yang belum sepenuhnya Anda pahami. Akan tetapi setelah Anda cukup paham, maka Anda harus melanjutkannya ke tahapan yang selanjutnya. Terapkan sistem pembelajaran reading, writing, listening serta sepeaking untuk melatih sebatas mana kemampuan bahasa Inggris Anda meningkat.

Demikian tips belajar bahasa Inggris secara efektif dan efisien. dengan belajar bahasa inggris secara efektif dan efisien anda akan menjadi lebih mudah dan cepat dalam memahami bahasa inggris, tetapi bagaimana dengan orang-orang yang sudah merasa putus asa dengan kemampuan bahasa inggris mengecewakan padahal sudah menghabiskan waktu dan uang untuk belajar bahasa inggris? Mungkin postingan yang satu ini bisa membantu.

Metode Belajar Bahasa Inggris Efektif secara Otodidak (Coming Soon/ 26-09-2016 )

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Suka Artikel ini? Apa komentar anda?